Tuesday, May 12, 2009

The Evil Hacker



Sebagian dari kita mungkin pernah merasakan sebel, bahkan marah, uring-uringan karena web kita dimasuki oleh orang tak dikenal atau biasa kita sebut hacker. Sebenarnya, apa sih hacker itu? Apa tujuan utama para hacker melakukan itu? dan apa pula bedanya hacker dengan cracker?

Bagi orang yang tidak tahu seluk beluk TI dengan baik, biasanya mengaitkan hacker dengan hal-hal yang negative. “hacker suka mencuri data orang”, “hacker suka memasukkan virus”, dll. Mereka tidak tahu sebenarnya semua perbuatan itu bukan dilakukan oleh seorang hacker. Hacker hanyalah orang yang menyusup ke system web seseorang atau kelompok untuk mencari ‘celah’ securitynya. Jika seseorang hacker berhasil menyusup ke system seseorang, dia akan menyerang dan biasanya memberitahukan kelemahan system orang tersebut via e-mail ataupun yang lainnya Hacker pun tidak menyerang terus menerus. Dia hanya menyerang sekali dan meninggalkanya untuk mencari web lainnya. Akan tetapi jka seorang cracker, setelah menemukan celah pada suatu web, dia akan menyerang terus menerus, flooding, mencuri data, bahkan sampai mengambil alih web.

Untuk lebih mudahnya, umpamakan saja hacker itu orang yang suka utak atik gembok brankas, tetapi tidak mengambil barang di dalamnya. Hanya membuka gembok dan meninggalkan surat peringatan berisi surat pemberitahuan tentang celah dalam system keamanan brankas tersebut. Nah, jika cracker, dia bakal merusak gembok sekaligus menggondol, merusak, berbuat iseng atau yang lainnya terhadap brankas tersebut.

Hacker juga seringkali dipekerjakan dan disewa banyak perusahaan atau badan-badan lainnya untuk menguji system keamanan cybernya. Jadi, sekarang jelas bukan, hacker itu bukan seseorang yang memiliki black hat? Yah walaupun, seringkali mereka juga iseng ‘mengutak-atik’ suatu system, akan tetapi memang tidak separah cracker yang tujuannya memang merusak. Iseng dikit gag apa-apa kan? Namanya aja manusia, hehehhe.


Silakan kunjungi http://adhiimsyahluthfi.blogspot.com dan berikan komentar kamu. Komentar yang kamu berikan sangat berguna bagi perkembangan blog ini ke depannya. thnx.

1 komentar:

MOJORITOS said...

nice info
thanks bradh
:)

Post a Comment

adhiim hightech © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute